Breaking

Monday, July 9, 2018

6 Jenis Sabun Yang Anda Perlu Tahu


Sama seperti perawatan kulit wajah, perawatan kulit tubuh kini semakin beragam. Ada berapa jenis sabun yang Anda ketahui? Pembersih tubuh tak hanya berupa sabun batangan atau sabun cair saja. Ada beberapa varian pembersih tubuh yang tersedia di pasaran. Yuk, cari tahu sehingga Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan kulit Anda.

Sabun Batang

Sabun jenis ini adalah jenis pembersih tubuh yang paling lama dan kemungkinan yang paling pertama diciptakan manusia. Dalam sebuah prasasti dari zaman Babylonia sekitar tahun 2200 SM, ada catatan yang menyatakan penggunaan sabun batang yang terbuat dari air, alkali dan minyak cassia. Hebat, ya? Sabun jenis ini biasanya mengandung sodium hydroxide yang diperlukan untuk mengubah lemak nabati atau hewani cair menjadi sabun keras. Kandungan ini yang bisa membuat kulit menjadi kering. Untuk Anda yang biasa memakai sabun batang, pastikan ada kandungan pelembap tambahan, seperti minyak esensial atau madu. 

Sabun jenis ini bisa digunakan untuk segala jenis kulit dan kebutuhan. Di pasaran, Anda bisa menemukan sabun batang dengan tambahan pewangi alami, sabun batang dengan fungsi anti bakteri, sabun batang dengan scrub yang bisa Anda gunakan untuk eksfoliasi, atau juga sabun batang anti jerawat.

Sabun Cair

Banyak orang yang lebih memilih sabun jenis ini karena lebih praktis dan higienis. Sama seperti sabun batang, sabun jenis ini juga memiliki berbagai variasi. Namun, ingat baik-baik nih. Jika Anda menggunakan sabun cair bersama shower foam, sikat, loofah, atau spons untuk mandi, pastikan alat-alat ini terjaga kehigienisannya. Tubuh sudah bersih, namun kalau alatnya menyimpan bakteri dan kuman, tak baik juga kan?

Shower Gel

Inilah salah satu variasi dari sabun cair. Dengan tekstur gel, sabun ini tak ‘seringan’ sabun cair pada umumnya, namun tak kental sampai terasa lengket. Shower gel semakin sering ditemukan karena mampu menjadikan kulit lebih lembut setelah mandi alias tak mengeringkan. Sabun jenis ini pun kadang dikemas multifungsi sehingga bisa digunakan juga sebagai sampo.

Shower Oil

Setelah gel, Anda bisa menemukan sabun dengan kadar minyak yang lebih banyak. Ya, sabun jenis ini tergolong lebih kental karena kandungan minyak tersebut. Biasanya, sabun jenis ini memiliki tingkat pH yang netral sehingga aman digunakan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Baik dipakai untuk pemilik kulit dan kasar. 

Shower Cream

Jenis yang satu ini sedikit mirip dengan sabun cair pada umumnya. Perbedaannya terletak pada teksturnya yang berupa krim. Sabun jenis ini biasanya bebas deterjen dan diperkaya dengan pelembap. Untuk memaksimalkan efeknya, gunakan shower cream dengan gerakan memijat. Setelah dibilas pun, sabun ini tak meninggalkan rasa kesat pada kulit. Sabun jenis ini bagus digunakan untuk Anda yang memiliki kulit sangat kering.

Body Scrub

Membersihkan tubuh sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Ini adalah kegunaan utama dari body scrub. Jenis yang satu ini bisa digunakan langsung sebagai pembersih tubuh. Tak perlu scrubbing, menunggu hingga kering, baru mandi. Gunakan dengan gerakan melingkar sambil memijat tubuh dengan lembut untuk membantu melancarkan peredaran darah. Pembersih tubuh ini bisa digunakan untuk jenis kulit apa pun. 


sumber : journal.sociolla.com

No comments:

Post a Comment