Breaking

Monday, July 9, 2018

July 09, 2018

Cara Sederhana Tingkatkan Kualitas Udara di Rumah



RumahCom – Kualitas udara dalam rumah yang buruk dapat memengaruhi kondisi kesehatan penghuninya, terutama bagi keluarga yang memiliki anak-anak. Polutan dan aleregen seperti serbuk, debu, jamur, dan bulu hewan peliharaan dapat memicu alergi dan asma, bahkan membuat sakit mata, hidung berair, sakit kepala, dan kelelahan.

Bagi Anda yang memiliki anak-anak dengan penyakit asma dan alergi, simak 5 cara sederhana dari livingwellspendingless.com dalam meningkatkan kualitas udara di dalam rumah.

1. Hilangkan Sumber Alergen

Membersihkan rumah dengan teratur akan mengurangi debu, serbuk, jamur, dan bulu hewan peliharaan yang beterbangan di udara. Bersihkan permukaan perabotan yang berpotensi menyimpan debu setiap hari, seperti karpet, meja, dan perabotan kayu lainnya. Jangan lupa membersihkan rak buku yang tinggi serta kipas di langit-langit.

Untuk mengurangi debu di tempat tidur, gunakan penutup kasur dan sarung bantal berbahan plastik. Gunakan air panas ketika mencuci seprai dan selimut. Terakhir, jangan biarkan ada orang yang merokok di dalam ruangan.

2. Gunakan Alat Penyaring Udara

Meskipun penyaring udara (air purifier) memiliki harga yang mahal. Namun mesin ini dapat menghilangkan dengan efektif sumber allergen yang berbahaya dan polutan dari udara di rumah Anda, sehingga dapat meningkatkan kualitas udara serta kesehatan keluarga.

Ganti filter secara teratur, kebanyakan penyaring harus diganti setiap 30-60 hari, tetapi jika keluarga Anda memiliki masalah alergi yang cukup berat, ganti penyaring dengan lebih sering.

3. Lebih Banyak Udara Segar

Tidak semua sistem pendingin dan penghangat ruangan menyuplai udara segar ke dalam rumah. Membuka jendela dan pintu paling efektif membuat udara segar bersirkulasi dengan baik, yang tentunya akan membuat udara di rumah Anda lebih berkualitas. Hal ini juga sangat penting bila Anda menyukai kegiatan di dalam ruangan yang membuat udara tercemar, seperti melukis, bermain pasir, dan memasak.

4. Hindari Pewangi Buatan

Semakin sedikit pewangi yang tercium di dalam rumah makan semakin baik. Jika memungkinkan, pilih bahan pembersih dan pencuci pakaian yang tidak wangi, termasuk deterjen, pelembut, dan bahan pembersih lain yang kerap digunakan di rumah. Pilih produk pembersih yang bebas aeorosol serta hindari penggunaan pewangi ruangan buatan yang berbahan kimia.

5. Bawa Tumbuhan dari Luar ke dalam Rumah

Segarkan udara dengan membawa tumbuhan ke dalam rumah, seperti lidah buaya, cemara, bunga lili, atau sansivieria untuk membantu menyaring udara dari allergen dan polutan. Tidak hanya sedap dipandang, tanaman-tanaman ini juga relatif mudah dirawat. Letakkan tanaman hias ini di tempat yang terekspos bahan kimia dan polutan udara seperti tempat mencuci baju, dapur dan kamar mandi.


sumber : www.rumah.com
July 09, 2018

8 Cara Memilih Semangka yang Matang



Holaaaa siapa yang doyan makan semangka di sini? Acungkan tangan! Pastinya kamu tahu dong, semangka punya banyak khasiat yang baik bagi tubuh. Sebab, ada kandungan vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan, seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, vitamin C, serta betakaroten. Semangka juga masuk dalam deretan buah yang rendah kalori dan bebas lemak. Tapi suka sebel nggak sih kalau beli semangka dan dapat yang zonk? Buahnya memang besar, tapi pas dimakan rasanya hambar. Bete! Supaya nggak salah pilih semangka lagi, yuk simak caranya memilih semangka yang sudah matang.

1. Cabut Tangkainya

Bukan sulap bukan sihir, ini cara yang paling mudah. Biasanya buah semangka masih memiliki tangkai di bagian atasnya. Nah, supaya tahu semangkanya sudah matang atau belum, kamu tinggal mencabut tangkai tersebut. Kalau tangkainya langsung lepas, berarti semangkanya sudah matang.

2. Lihat Ruas Warna Hijau di Semangka

Nah setelah itu lanjut perhatiin ruas-ruasnya deh. Kamu tahu kan, semangka punya ruas-ruas warna hijau di seluruh bagian buahnya dari atas sampai bawah? Semakin tua warna hijau ini artinya semakin bagus, semangka sudah matang.

3. Cek Bagian Bawah Semangka

Kamu bisa juga mengecek kematangan buah lewat bagian bawah semangka. Biasanya nih, di bagian bawah semangka ada bercak warna kuning berbentuk lingkaran. Lingkaran ini disebut field spot karena bersentuhan langsung dengan tanah. Nah semakin lebar dan tua warna kuning tersebut menandakan semangka matang. Kenapa? Sebab artinya semangka mendapat sinar matahari yang cukup selama proses pertumbuhannya.

4. Hindari Semangka yang Punya Bercak Putih

Eits kalau lihat semangka punya bercak putih, jangan dibeli dulu! Warna putih ini adalah indikasi buah tersebut kurang cahaya matahari loh, sehingga kemungkinan semangka belum matang betul. Sudah tahu, kan, kalau untuk mematangkan semangka dibutuhkan sinar matahari yang cukup?

5. Pilih Semangka yang Berat

Kamu tahu kan kenapa semangka berat karena 90% bagian semangka terdiri dari air. Maka semakin berat semangka merupakan pertanda bahwa semangka tersebut sudah matang. Yeay! Find the heaviest!

6. Ketuk Buah Semangka

Memang cara ini agak tricky sih. Tapi banyak orang yang percaya kalau mengetuk buah semangka bisa juga ngasih tahu kita apakah semangkanya sudah matang atau belum. Kalau semangkanya bunyinya nyaring, tandanya buah tersebut belum matang. Tapi kalau diketuk semangkanya bunyinya agak ‘dalam’ dan tidak menggema, tandanya semangka sudah matang.

7. Hindari Membeli Semangka di Musim Hujan

Saat musim hujan tentunya akan sulit bagi semangka mendapatkan sinar matahari. Padahal semangka butuh sinar matahari supaya matang sempurna. Maka ada baiknya sih jangan beli semangka di musim hujan kalau kamu gak mau dapat yang zonk.

8. Belilah Semangka Lokal

Eits jangan salah. Selain membantu para petani semangka lokal, ternyata dengan kamu memilih semangka lokal akan lebih besar kemungkinannya untuk dapat semangka yang matang. Kok bisa? Karena semangka lokal punya kesempatan lebih besar untuk matang di pohonnya daripada semangka impor.

Tambahan tips: Terus gimana kalau semangkanya sudah dipotong sama abang-abang penjual? Cari semangka yang warnanya merah terang dengan biji berwarna gelap, ya. Sebisa mungkin hindari beli semangka dengan warna merah pucat atau banyak biji yang berwarna putih.

sumber : resepkoki.id
July 09, 2018

Jenis-Jenis Saklar Listrik Beserta Simbol dan Fungsinya

Saklar merupakan salah satu alat kelistrikan yang dapat dengan mudah anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan fungsinya, saklar berguna untuk memutus dan menghubungkan arus listrik. Jadi anda bisa menggunakan saklar untuk berbagai macam keperluan seperti menghidupkan dan mematikan lampu. Secara garis besar, saklar memiliki 2 macam penggunaan, yaitu untuk instalasi penerangan dan instalasi tenaga.

Saklar sangatlah bermanfaat dalam menunjang keselamatan penggunaan tenaga listrik. Karena penggunaan saklar dalam instalasi sangat membantu mengurangi risiko korseleting.

Namun apakah anda tahu bahwa ternyata saklar terdiri dari berbagai jenis. Bentuk fisik, fungsi, serta simbolnya pun berbeda-beda. Berikut ini akan kami sajikan informasi kepada anda tentang jenis-jenis saklar listrik beserta simbol dan fungsinya.

Jenis-Jenis Saklar Listrik Beserta Simbol dan Fungsinya

  1. Saklar Tunggal

    Saklar tunggal
    Saklar tunggal
    Saklar tunggal umum dijumpai pada rumah, apartemen, hotel, ataupun industri. Fungsi dari saklar tunggal ialah untuk menghidupkan dan mematikan satu buah lampu atau lebih. Saklar ini hanya terdiri dari atas sebuah tuas, jadi anda bisa menghubungkan ataupun mematikan banyak lampu hanya dengan sekali tekan.
  2. Saklar Seri

    Saklar seri
    Saklar seri
    Saklar seri merupakan dua buah saklar tunggal yang dihubungkan secara seri. Anda bisa menghidupkan satu buah lampu atau lebih secara bersamaan ataupun bergantian. Biasanya sakalar ini dipasang pada area yang memiliki lebih dari satu lampu. Misalnya ruang keluarga dengan ruang tamu.
  3. Saklar Kutub 2

    Saklar kutub 2
    Saklar kutub 2
    Merupakan jenis saklar listrik yang berfungsi untuk menghubungkan atau memnutuskan aliran arus listrik pada sumber dan pada beban. Penggunaan saklar kutub 2 yang paling mudah kita temui ialah pada papan hubung bagi (PHB) 1 fasa (Phase). Selain itu, saklar jenis ini juga sering digunakan pada ruangan yang lembab dan basah.
  4. Saklar Tukar

    Saklar tukar
    Saklar tukar
    Saklar tukar digunakan untuk menghidupkan dan mematikan lampu dari 2 tempat yang berbeda. Selain itu anda juga bisa menggunakannya untuk menyalakan 2 buah lampu atau lebih secara bergantian. Saklar tukar bisa dengan mudah anda temui pada gudang bawah tanah, lorong-lorong, dan tangga pada rumah bertingkat.

Jenis-Jenis Saklar Listrik Beserta Simbol dan Fungsinya
Jenis-Jenis Saklar Listrik Beserta Simbol dan Fungsinya
Jenis-Jenis Saklar Listrik Beserta Simbol dan Fungsinya
Jenis-Jenis Saklar Listrik Beserta Simbol dan Fungsinya

Cara Pemasangan (Instalasi Saklar)

Berdasarkan PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik), cara pemasangan saklar di Indonesia dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :
  • In-Bouw (Saklar ditanam pada tembok sistem)
  • Out Bouw (Saklar tidak ditanam pada tembok sistem)
Dalam pemasangan saklar juga terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang instalatir listrik, antara lain:
  • Saklar harus dapat melayani dengan aman tanpa memerlukan alat bantu khusus
  • Saklar harus dipasang sehingga bagian yang bergerak (tangkai) saklar tidak bertegangan ketika saklar dalam keadaan terbuka atau tidak terhubung (terputus).
  • Dudukan saklar dalam suatu instalasi harus seragam. Misalnya lampu akan hidup ketika tuas saklar didorong ke atas.
Nah, demikianlah pembahasan kita kali ini tentang jenis-jenis saklar listrik beserta simbol dan fungsinya. Terimakasih kepada anda yang telah membaca artikel ini, semoga info yang kami sajikan kali ini bermanfaat untuk anda.


sumber : tekniklistrik.com
July 09, 2018

11 Jenis Kursi yang Harus Kamu Tahu

Kursi merupakan salah satu furnitur yang bersifat fungsional dan tidak mungkin ditiadakan dari sebuah rumah. Namun, fungsinya tersebut tidak berarti membuat kursi harus memiliki bentuk yang monoton. Berbagai macam model dan bentuk dapat kamu temukan saat mencari kursi untuk mengisi rumah. Model dan bentuk ini biasanya berkaitan erat dengan fungsinya. Selain itu setiap model dan bentuk kursi memiliki nama atau sebutannya sendiri. Apa saja nama jenis kursi yang dapat kamu pilih? Berikut macam-macam jenis kursi berdasarkan model dan bentuknya.

Side chair

jenis kursi

Kursi ini adalah jenis kursi tunggal yang memiliki sandaran belakang namun tanpa sandaran tangan (arm). Side chair biasa digunakan untuk beragam ruangan dan aktifitas karena bentuknya yang standar dan cenderung kasual. Kursi ini dapat kamu letakkan di ruang kerja, teras, dapur hingga ruang makan sebagai pendamping meja makan. Sifatnya yang fleksibel membuat rata-rata bobot side chair ini tidak terlalu berat, jenis kursi ini biasanya diciptakan dengan bobot ringan sehingga mudah diangkat untuk dipindah-pindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Dining chair atau kursi makan

Meskipun tadi dikatakan bahwa side chair juga dapat digunakan sebagai pasangan meja makan, sebenarnya ada jenis kursi sendiri untuk ruang makan kamu. Dining chair atau kursi makan memiliki bentuk yang sangat mirip dengan side chair. Perbedaannya hanyalah kursi jenis ini memang lebih dikhususkan untuk ruang makan. Biasanya kamu akan mendapatkan kursi makan ini saat membeli satu set meja makan. Selain itu, hal yang membedakan kursi makan dengan side chair adalah permukaan dudukannya yang sengaja dibuat lebih datar dan sandaran belakang yang lebih tinggi dan tegak untuk memaksimalkan kenyamanan saat makan.

jenis kursi

 

Arm Chair

jenis kursi

Kursi ini juga termasuk ke dalam kategori kursi tunggal. Arm chair memiliki sandaran tangan di kiri dan kanan. Kursi jenis ini memiliki fungsi yang beragam dan dapat digunakan sebagai kursi kerja, kursi santai, kursi tamu, hingga kursi untuk membaca buku. Hal tersebut membuat kursi ini cocok ditempatkan di ruang tamu, ruang kerja, bahkan ruang santai atau kamar kamu. Sandaran tangan pada kursi ini membuat seseorang dapat duduk nyaman sendirian atau mengobrol dengan tamu.

Sofa

Sofa adalah tempat duduk panjang yang biasanya memiliki sandaran belakang dan sandaran tangan di ujung kanan dan  kiri. Namun, ada pula jenis sofa yang tidak memiliki sandaran seperti itu. Rata-rata sofa memiliki lapisan busa lembut yang tebal. Lapisan busa lembut tersebut dapat langsung menjadi satu dengan rangka konstruksinya, ada juga yang terpisah, seperti misalnya sofa dengan tampilan kayu atau besi yang diekspos. Besar kursi sofa beragam dan banyak yang bisa dipilih, namun biasanya lebar sofa cukup untuk diduduki tiga orang berjajar. Dengan kapasitas tersebut, sofa sangat cocok untuk diletakkan di ruang keluarga, untuk tempat keluarga berkumpul atau di ruang tamu, jika kamu biasa menerima banyak tamu.
Jenis-Jenis Kursi yang Cocok Dijadikan Pelengkap Perabotan Rumah Kamu

 

Loveseat

jenis kursi

Kursi ini sebenarnya termasuk dalam golongan sofa, sehingga memiliki bentuk yang serupa dengan sofa. Perbedaannya adalah kursi jenis didesain khusus lebih pendek dari sofa dan hanya cukup diduduki oleh dua orang. Loveseat dapat kamu letakkan di ruang tamu atau ruang keluarga sebagai pendamping sofa. Namun, juga masih cocok diletakkan di dalam kamar kamu dan pasangan.

Footstool/Pouffe/Ottoman

jenis kursi

Sebenarnya ini mungkin tidak dapat digolongkan sebagai tempat duduk, karena biasanya jenis kursi ini merupakan pelengkap. Biasanya memiliki bentuk kotak atau persegi panjang dengan ketinggian yang lebih rendah dari dudukan kursi. Fungsi utamanya memang untuk meletakkan kaki saat duduk di kursi. Ketika duduk di sofa atau arm chair misalnya, kamu dapat meluruskan kaku dengan meletakkan kaki di atas footstool. Meskipun begitu ada pula jenis kursi ottoman yang digunakan sebagai tempat duduk utama. Footstool/Pouffe/Ottoman ini biasanya dibuat satu set dengan sofa, arm chair atau lounge chair.

Sofa Bed

Ini merupakan jenis kursi yang sedang booming dan sangat diminati oleh orang-orang yang tinggal di apartemen atau kamar minimalis. Sofa bed adalah sofa yang dapat difungsikan sebagai tempat tidur. Biasanya bentuknya dapat diubah, ketika dilipat kamu akan memiliki sofa dan saat dibuka lipatannya kursi ini akan berubah menjadi kasur. Namun, ada juga bentuk sofa bed yang memang memiliki ukuran lebih luas dari sofa biasanya dengan tambahan pada bagian depannya untuk tidur.

Jenis-Jenis Kursi yang Cocok Dijadikan Pelengkap Perabotan Rumah Kamu
sofa bed image from evafurniture.com

 

Corner Sofa atau Sofa Sudut

jenis sofa
Satu lagi jenis sofa, terdiri dari beberapa bagian yang dapat ditata untuk membentuk sudut. Sofa ini cocok untuk ruang keluarga. Kamu dapat menempatkannya di tengah ruang keluarga yang luas untuk memberi batas atau garis ruang imajiner.

Lounge Chair

Sering juga disebut sebagai kursi santai. Dudukan yang lebih rendah dan lebih panjang ke belakang, serta sandaran yang lebih condong ke belakang atau tidak tegak memungkinkan kamu untuk duduk lebih rebah. Posisi ini akan menciptakan perasaan santai dan rileks. Sesuai namanya, kursi jenis ini cocok digunakan untuk bersantai di lounge, namun juga cocok ditempatkan di teras dengan pemandangan taman.

Jenis-Jenis Kursi yang Cocok Dijadikan Pelengkap Perabotan Rumah Kamu


 

Bench

jenis kursi

Bench atau bangku adalah tempat duduk yang biasanya tidak memiliki sandaran dan bentuknya panjang sehingga dapat diduduki oleh beberapa orang. Ada juga bangku yang memiliki sandaran dan hanya untuk diduduki satu orang tapi tidak terlalu umum. Jenis kursi ini cocok diletakkan di luar ruangan seperti di taman atau teras rumah, tetapi jenis yang memiliki sandaran dan untuk satu orang tadi juga cocok untuk digunakan di ruang makan yang memiliki konsep santai.

Bar stool atau kursi bar

jenis kursi

Sesuai namanya, kursi ini digunakan di bar, bentuknya yang tinggi memudahkan seseorang untuk meraih minuman atau makanan yang ada di bar. Bar stool juga biasanya dapat kamu beli sepaket dengan meja bar. Dalam penggunaannya di rumah, kamu dapat meletakkannya di dapur yang memiliki konsep menerima tamu atau memiliki bar. Dudukan kursi ini biasanya memiliki tinggi 80—90cm, serta memiliki pijakan kaki pada bagian bawahnya. Selain itu, dudukan kursi bar juga dapat diputar dan diatur ketinggiannya.

Mencocokkan Jenis Kursi dengan Konsep Ruangan

Penting sebelum membeli kursi untuk menentukan konsep ruangan, karena kamu bisa mendapatkan inspirasi model dan jenis kursi yang kamu butuhkan. Selain menambah estetika, jenis kursi yang tepat dapat menambah kenyamanan selama berada di ruangan tersebut. Selain model dan bentuk kursi, kamu juga dapat mencocokkan warna perabotan ruangan dengan cat ruangannya.


sumber : dekoruma.com
July 09, 2018

6 Jenis Sabun Yang Anda Perlu Tahu


Sama seperti perawatan kulit wajah, perawatan kulit tubuh kini semakin beragam. Ada berapa jenis sabun yang Anda ketahui? Pembersih tubuh tak hanya berupa sabun batangan atau sabun cair saja. Ada beberapa varian pembersih tubuh yang tersedia di pasaran. Yuk, cari tahu sehingga Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan kulit Anda.

Sabun Batang

Sabun jenis ini adalah jenis pembersih tubuh yang paling lama dan kemungkinan yang paling pertama diciptakan manusia. Dalam sebuah prasasti dari zaman Babylonia sekitar tahun 2200 SM, ada catatan yang menyatakan penggunaan sabun batang yang terbuat dari air, alkali dan minyak cassia. Hebat, ya? Sabun jenis ini biasanya mengandung sodium hydroxide yang diperlukan untuk mengubah lemak nabati atau hewani cair menjadi sabun keras. Kandungan ini yang bisa membuat kulit menjadi kering. Untuk Anda yang biasa memakai sabun batang, pastikan ada kandungan pelembap tambahan, seperti minyak esensial atau madu. 

Sabun jenis ini bisa digunakan untuk segala jenis kulit dan kebutuhan. Di pasaran, Anda bisa menemukan sabun batang dengan tambahan pewangi alami, sabun batang dengan fungsi anti bakteri, sabun batang dengan scrub yang bisa Anda gunakan untuk eksfoliasi, atau juga sabun batang anti jerawat.

Sabun Cair

Banyak orang yang lebih memilih sabun jenis ini karena lebih praktis dan higienis. Sama seperti sabun batang, sabun jenis ini juga memiliki berbagai variasi. Namun, ingat baik-baik nih. Jika Anda menggunakan sabun cair bersama shower foam, sikat, loofah, atau spons untuk mandi, pastikan alat-alat ini terjaga kehigienisannya. Tubuh sudah bersih, namun kalau alatnya menyimpan bakteri dan kuman, tak baik juga kan?

Shower Gel

Inilah salah satu variasi dari sabun cair. Dengan tekstur gel, sabun ini tak ‘seringan’ sabun cair pada umumnya, namun tak kental sampai terasa lengket. Shower gel semakin sering ditemukan karena mampu menjadikan kulit lebih lembut setelah mandi alias tak mengeringkan. Sabun jenis ini pun kadang dikemas multifungsi sehingga bisa digunakan juga sebagai sampo.

Shower Oil

Setelah gel, Anda bisa menemukan sabun dengan kadar minyak yang lebih banyak. Ya, sabun jenis ini tergolong lebih kental karena kandungan minyak tersebut. Biasanya, sabun jenis ini memiliki tingkat pH yang netral sehingga aman digunakan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Baik dipakai untuk pemilik kulit dan kasar. 

Shower Cream

Jenis yang satu ini sedikit mirip dengan sabun cair pada umumnya. Perbedaannya terletak pada teksturnya yang berupa krim. Sabun jenis ini biasanya bebas deterjen dan diperkaya dengan pelembap. Untuk memaksimalkan efeknya, gunakan shower cream dengan gerakan memijat. Setelah dibilas pun, sabun ini tak meninggalkan rasa kesat pada kulit. Sabun jenis ini bagus digunakan untuk Anda yang memiliki kulit sangat kering.

Body Scrub

Membersihkan tubuh sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Ini adalah kegunaan utama dari body scrub. Jenis yang satu ini bisa digunakan langsung sebagai pembersih tubuh. Tak perlu scrubbing, menunggu hingga kering, baru mandi. Gunakan dengan gerakan melingkar sambil memijat tubuh dengan lembut untuk membantu melancarkan peredaran darah. Pembersih tubuh ini bisa digunakan untuk jenis kulit apa pun. 


sumber : journal.sociolla.com
July 09, 2018

11 Jenis Topi Pria yang Umum Digunakan



Topi merupakan salah satu item fashion yang digunakan pada umumnya sebagai aksesoris. Sebagai penutup kepala ragam jenis topi pun sudah digunakan oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Bagi pria, aksesoris ini secara perlahan menjadi kebutuhan sehari-hari yang berguna untuk menunjang penampilan.

Dilihat dari sejarahnya, topi tidak banyak ditemukan keberadaannya hingga 3.000 SM. Para arkeologis berpendapat bahwa Venus of Brassempouy yang berasal dari 26.000 tahun yang lalu, yang ditemukan di sebuah gua di Brassempouy, Prancis, pada tahun 1892, merupakan bukti tertua yang menggambarkan seorang wanita menggunakan topi.

Seiring perjalanan waktu, ditemukanlah bukti-bukti lain mengenai keberadaan penutup kepala ini di kehidupan manusia. Topi yang nemiliki bermacam-macam gaya ternyata digunakan dengan berbagai alasan mulai dari melindungi kepala dari bahan-bahan yang berbahaya, alasan upacara, alasan keagamaan, keamanan, hingga menunjukan status sosial.

Di militer, penutup kepala ini menunjukan kebangsaan, cabang dari layanan, tingkat/pangkat, dan/atau menunjukan resimen. Beberapa topi lainnya memiliki fungsi untuk melindungi seperti contohnya helm proyek yang berbahan keras yang berfungsi untuk melindungi kepala pekerja dari luka akibat kejatuhan benda keras. Atau topi koboi yang dipakai agar terlindung dari sinar matahari dan air hujan.

Beberapa penutup kepala digunakan untuk kepentingan upacara seperti topi wisuda atau ‘mortarboard’. Beberapa diantaranya bahkan digunakan untuk menunjukan keyakinan seperti turban yang dipakai oleh orang-orang Sikh, peci/songkok yang dipakai oleh orang-orang Islam yang tinggal di Asia Tenggara, atau ‘mitres’ yang dipakai oleh para Uskup.

Ada sekitar 38 macam gaya penutup kepala baik itu dipakai oleh pria maupun wanita. Ada yang bersifat modern, ada yang masih bersentuhan dengan tradisi.

Dari beragam gaya topi, tentu tidak semuanya bisa digunakan oleh pria. Berikut adalah jenis-jenis topi yang biasa digunakan bagi pria:

1. Fedora

Popularitas fedora mencapai puncaknya pada tahun 1920 hingga 1950an. Saat itu kebanyakan yang memakainya adalah para gangster dan orang-orang yang terlarang sehingga sempat dikaitkan dengan pria yang memiliki sifat pemberontak. Fedora menjadi aksesoris sehari-hari bagi banyak pria Amerika hingga masa JFK.

2. Homburg

Disebut sebagai sepupu yang rapi dari fedora, homburg cocok untuk penampilan bisnis yang formal. Biasanya homburg terbuat dari bulu binatang atau jerami. Berbeda dengan fedora, homburg memiliki ciri hiasan atau tempelan di sisi kirinya berupa bulu atau lipatan pita.

3. Trilby

Apabila fedora memiliki sisi atau tepi yang lebar yang lebih bertingkat dan datar, trilby memiliki tepi yang lebih pendek dan miring ke bawah di sisi depan dan mengarah naik di belakang. Trilby meraih popularitasnya pada tahun 1960an disebabkan oleh mobil-mobil Amerika yang dibuat tidak memungkinkan untuk pria memakai topi tinggi ketika menyetirnya.

Trilby kemudian menghilang di tahun 1970an ketika penutup kepala tidak menjadi item fashion saat itu. Trilby muncul kembali di tahun 1990an saat boyband dan musisi dengan kualitas rendah bermunculan. Pada akhirnya trilby menjadi simbol dari budaya kutu buku terutama versi murahnya yang terbuat dari bahan sintetis.

4. Porkpie

Porkpie memiliki tepi yang pendek dengan bagian atas yang datar dan berbentuk lingkaran. Porkpie yang paling terkenal adalah yang dipakai oleh Bryan Cranston ketika berperan sebagai Walter White dalam film Breaking Bad yang memiliki alter ego Heisenberg, seseorang yang sangat berhubungan dengan topi.

5. Panama

Panama sebenarnya merupakan topi bertepian jerami tradisional asal Ekuador. Aslinya, panama terbuat dari anyaman daun Carludovica palmata, tanaman yang mirip dengan palem. Panama yang terjarang dan termahal di dunia adalah Montecristis yang diproduksi di kota Montecristi.

Montecristis memiliki sekitar 1600-2500 anyaman setiap 1 inchi persegi. Meskipun hingga kini panama tetap diproduksi di Ekuador, namun jumlahnya semakin berkurang akibat dari masalah ekonomi dan kalah bersaing dengan para produsen yang berasal dari Tiongkok.

6. Boater

Boater merupakan penutup kepala formal di musim panas bagi pria. Karakteristiknya adalah tepian yang tidak fleksibel, bagian atas yang rata, dan dihiasi pita yang lebar. Boater sangat cocok sebagai aksesoris kepala ketika sedang memakai blazer, pakaian lounge yang smart, atau bahkan dengan dasi hitam.

7. Wide Flat Brim

Merupakan perpaduan antara fedora bertepian lebar dan topi western country yang sempat menjadi tren pakaian pria tahun lalu.

8. Newsboy

Disebut juga sebagai topi pria pekerja, newsboy sangat populer di kalangan pria remaja dan dewasa selama awal abad ke 20 tepatnya sekitar tahun 1910 hingga 1920an, khususnya di kalangan pekerja kelas bawah.

Foto-foto pada masa ini menunjukan bahwa newsboy tidak hanya dipakai oleh anak laki-laki penjual koran namun juga semua jenis pekerjaan. Tidak hanya pada foto, penggunaan newsboy diceritakan dalam novel seperti Oliver Twist dan film-film di periode ini.

9. Driving cap

Memiliki bentuk dan penampilan hampir mirip dengan newsboy, driving cap tidak memiliki kancing di atas dan 8 panel. Gaya ini apabila ditelusuri sejarahnya berasal dari Italia selatan, Inggris utara, dan bagian dari Skotlandia. Driving cap biasanya terbuat dari wol, tweed, dan katun. Namun tidak jarang yang membuatnya dari bahan kulit, linen, atau corduroy.

10. Baseball

Merupakan aksesoris penutup kepala yang paling sering dimiliki orang. Gaya baseball sangat cocok dengan acara santai dan kasual, dipadukan dengan kaos polos atau kemeja santai dan jeans.

11. Beani

Orang Indonesia sering menyebutnya dengan kupluk, merupakan penutup kepala yang biasanya dibuat dari wol atau kasmir. Beani berfungsi untuk membuat kepala menjadi hangat, namun tidak cocok apabila ingin rambut tetap rapi. Biasanya beani ditemukan di negara-negara yang memiliki musim salju atau musim dingin.

Sering pula dipakai ketika berolahraga di area dingin seperti berseluncur. Sementara itu, beani versi Indonesia atau kupluk sering ditemukan di daerah-daerah yang dingin seperti di Lembang atau Puncak.


sumber : www.gomuda.co

July 09, 2018

10 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Alami 30 Menit

Keriput merupakan salah satu tanda dari penuaan dini. Munculnya masalah tersebut sangatlah wajar dan merupakan kondisi alamiah seseorang. Biasanya kerutan dapat muncul di bagian dahi, bawah mata, pipi, dan area wajah lain. Meskipun bukan masalah kesehatan yang serius, namun keriput bisa membuat wajah kamu nampak tua.
 
Cara menghilangkan keriput dan kerutan
Keriput membuatmu tampak tua

Selain disebabkan karena penuaan, keriput juga bisa disebabkan karena beberapa kebiasaan buruk. Mulai dari merokok, sinar matahari, kurang tidur, konsumsi alkohol, dan lain sebagainya. Ada baiknya jika kamu ingin mencegah keriput, hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut.

Untuk menghilangkan keriput sendiri, sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa kamu tempuh. Baik itu perawatan secara alami ataupun medis. Sebelum melakukan perawatan medis, lebih baik terapkan cara alami terlebih dahulu. Karena cara menghilangkan kerutan dengan medis belum tentu menjamin tingkat keamanannya.

Cara Menghilangkan Keriput di Wajah Secara Alami

Menghilangkan kerutan dibawah mata dan dahi tidaklah terlalu sulit. Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan tkamu-tkamu penuaan tersebut.

1. Oleskan krim atau serum mata

Krim dan serum mata berfungsi untuk melembabkan area di sekitar mata. Dengan kondisi kulit yang lembab, maka keriput pun bisa teratasi dengan mudah. Krim bisa kamu oleskan setiap malam sebelum tidur, sedangkan serum bisa digunakan secara rutin minimal seminggu sekali saja.

Serum sangatlah bermanfaat untuk mengencangkan kulit, sehingga sangat baik untuk menghilangkan keriput dibawah mata.

2. Menggunakan lap basah

Menepuk-nepuk bagian kerutan dengan menggunakan lap basah ternyata juga cukup efektif untuk menghilangkan kerutan di wajah. Caranya basahi kain lembut dengan air hangat, kemudian tepuk-tepuk di bagian bawah mata ataupun dahi.

Usahakan bagian keriput semuanya sudah ditepuk-tepuk secara merata. Cara ini sangat efektif dilakukan sebelum kamu tidur dan setelah bangun pada pagi harinya (sebelum beraktivitas).

3. Konsumsi banyak air putih

Air putih tidak hanya bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh saja, akan tetapi ternyata juga cukup baik untuk menjaga kulit tetap lembab.

Dengan keadaan kulit yang lembab ini, maka keriput pun bisa hilang. Idealnya menurut para ahli, kamu disatankan untuk konsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari.

4. Susu dan madu

Susu dan madu merupakan sumber nutrisi yang cukup lengkap. Madu mengandung senyawa humektan yang dapat menyerap dan mempertahankan kelembaban kulit, sehingga bisa membantu menjaga elastisitas kulit dan mengatasi munculnya keriput.

Sedangkan susu mengandung asam laktat yang cukup tinggi. Kandungan asam laktat akan membantu membersihkan kotoran-kotoran yang terdapat jauh di dalam pori kulit. Akibatnya, kolagen pun bisa disekresikan secara optimal.

Cara menghilangkan kerutan dengan susu dan madu:
  • Campurkan sekiranya 1 sdm (15ml) madu dengan 1/2 sdm (7,5ml) susu organik atau susu tawar. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata
  • Pijatkan campuran tadi ke bagian wajah yang mengalami keriput. Diamkan sampai meresap sekiranya 30 menitan
  • Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

 

5. Eksfoliasi dengan jus lemon dan gula


Jus lemon mengandung asam sitrat yang cukup tinggi, dimana kandungan ini bersifat abrasif dan bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab keriput di wajah. Selain itu, kandungan vitamin C pada lemon juga dapat bertindak meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah.
Sedangkan gula sendiri mengandung glikolat yang dapat memperbaiki kerusakan sel kulit. Campuran kedua bahan alami ini bisa menjadi bahan eksfoliasi atau scrubing keriput di wajah.

Cara menghilangkan keriput dengan lemon dan gula:
  • Pertama campurkan 1 sdt (5ml) gula organik mentah dengan 2 sdm (30 ml) air perasan lemon segar
  • Setelah tercampur rata, oles dan pijatkan campuran tersebut secara merata pada bagian keriput
  • Usahakan jangan sampai terkena mata, karena dapat menyebabkan rasa perih
  • Diamkan selama 10 menitan, apabila sudah meresap bilas dengan air dingin.

 

6. Terapkan masker putih telur

Putih telur merupakan sumber protein yang cukup tinggi. Kandungan protein tersebut sangatlah berkhasiat untuk memperbaiki sel-sel kulit yang mengalami kerusakan. Sehingga sangat baik untuk mempercepat regenerasi sel kulit baru.

Selain itu, putih telur juga bersifat astrigen. Sifatnya inilah yang bisa membuat kulit nampak kencang dan terbebas dari masalah keriput. Bahkan dalam penggunaan 1 s.d 2 kali saja kamu sudah bisa menikmati hasilnya.

Cara menghilangkan kerutan dengan putih telur:
  • Kocok putih telur dari dua butir telur dengan menggunakan mixer listrik sampai mengeluarkan busa memuncak
  • Apabila sudah mengeluarkan busa, oles dan pijatkan putih telur tadi keseluruh bagian kulit wajah yang mengalami keriput
  • Diamkan selama 20 menit agar masker bekerja optimal. Jika sudah terasa kaku di wajah bilas dengan menggunakan air dingin.

7. Gunakan air lemon balm

Lemon balm adalah ramuan dari keluarga tanaman mint. Tanaman yang satu ini mengandung senyawa yang bersifat astrigen. Senyawa tersebut bisa menghilangkan keriput dengan cepat, namun sifatnya hanya sementara.

Cara menghilangkan kerutan dengan lemon balm:
  • Tambahkan lemon balm secukupnya kedalam 2 gelas air yang mendidih
  • Gunakan air tersebut untuk membasuh wajah setiap hari sebelum beraktivitas

8. Cuci wajah dengan minyak zaitun


Mencuci wajah dengan menggunakan minyak yang mengandung asam linoleat dapat membantu kulit agar tetap selalu terhidrasi, sehingga mampu mengurangi efek dari kerutan. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun dan minyak wortel yang notabenya mengandung asam linoleat cukup tinggi.

Cara menghilangkan kerutan dengan minyak zaitun:
  • Campurkanlah 2 sdt (10ml) minyak olive oil atau minyak zaitun dengan 2 tetes minyak wortel. Apabila tidak ada minyak wortel, kamu bisa menggunakan perasan air wortel
  • Selanjutnya gunakan minyak tadi untuk memijat wajah selama kurang lebih 30 detik. Kemudian diamkan selama 30 menit agar meresap
  • Bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih total

9. Pijat wajah secara rutin

Pijat singkat bisa membantu menghilangkan keriput di wajah dengan cepat. Usahakan memijat hanya pada bagian kelenjar getah bening, hal ini bertujuan untuk menguras bersih kelebihan berat air di wajah. Sehingga kerutan pun bisa hilang dengan mudah.

Cara menghilangkan kerutan dengan memijat:
  • Pijatlah bagian kerutan dengan menggunakan gerakan memutar, utamakan memijat hanya dengan jari telunjuk dan jari tengah
  • Mulailah memijat pada bagian bawah telinga, lalu berjalan menuju ke bagian sisi leher menuruni sampai ke bagian selangka
  • Setelah itu gerakan ke bagian bawah dagu kamu, ke bagian bawah tulang rahang, dan ke arah telinga kamu
  • Sekarang pijat bagian dalam mata menuju ke arah bagian luar mata
  • Selanjutnya pindah ke bagian pelipis dan menurun ke kedua sisi wajah kamu
  • Ulangi gerakan pijatan seperti diatas sebanyak lima kali agar hasilnya maksimal.

10. Pantau diet kamu

Makanan-makanan yang kamu konsumsi saat melakukan diet, sebenarnya bisa sangat berpengaruh terhadap kualitas kulit. Makanan yang mengandung antioksidan cukup efektif untuk mencegah efek buruk radikal bebas, salah satunya adalah sinar matahari (UV).

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah berry (strawberry, blueberry, blacberry, dll), daging, telur, coklat, dan sebagainya. Selain itu penuhi pula asupan vitamin A, B kompleks, C, dan E. Kamu bisa mendapatkan semua nutrisi tersebut dari buah dan sayur.
sumber : www.cantikitu.com 
July 09, 2018

8 Cara Menambah Nafsu Makan Anak



Anak-anak yang menutup mulut dan menolak makan, seringkali membuat orang tua kebingungan. Jangan sampai anak mengalami gangguan pertumbuhan akibat mogok makan tersebut, sehingga penting untuk mencaritahu cara menambah nafsu makan anak.

Nafsu makan seseorang dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin. Hormon ghrelin akan meningkatkan nafsu makan, sedangkan hormon leptin yang berfungsi menurunkan nafsu makan. Hormon ghrelin akan dilepaskan di perut, yang kemudian memberi sinyal lapar pada otak.

Orang tua dapat memperkirakan asupan kalori anak agar tidak kurang dari kebutuhannya. Kebutuhan kalori anak per hari berbeda sesuai usia. Anak usia 2-3 tahun membutuhkan sekitar 1.000-1.400 kalori,

Ada beberapa alasan anak ataupun orang dewasa kurang nafsu makan, seperti merasa stres, tegang, efek samping obat, ataupun rasa, dan tampilan makanan yang tidak menarik. Jika memang anak tampak mogok makan, beberapa hal berikut dapat dilakukan sebagai cara menambah nafsu makan anak, antara lain:
  • Hindari tindakan memaksa
Tindakan orang tua yang memaksa anaknya makan karena khawatir, justru dapat memancing ketegangan pada waktu makan. Hal ini dapat membuat anak kurang sensitif terhadap rasa lapar di kemudian hari.
  • Buat tampilan makanan yang menarik
Sajian yang berwarna-warni akan menarik mata, sehingga diharapkan dapat membuat waktu makan menyenangkan. Coba mengombinasikan berbagai sayur dengan warna berbeda, ketika disajikan bersama pasta atau sumber karbohidrat lain. Hal ini juga sangat mendukung variasi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
  • Goda dengan aroma makanan
Untuk menarik nafsu makan juga bisa melalui bau makanan yang menyenangkan dan menggoda. Bisa dengan menyajikan makanan hangat yang baru saja selesai dimasak, atau menghangatkan makanan sebelum menyajikan, agar hidung memiliki waktu untuk memicu selera makan.
  • Bagi dalam porsi kecil
Satu piring penuh dengan makanan, bisa jadi menurunkan nafsu makan. Siasati dengan membagi nutrisi dari satu piring itu menjadi porsi kecil yang disajikan beberapa kali. Selain itu, porsi kecil juga akan lebih mudah disiapkan.
  • Biasakan makan perlahan
Mengunyah makanan perlahan akan memberi waktu pada anak untuk mengukur rasa lapar. Tanya anak apakah dia sudah kenyang, sebelum memberinya makanan tambahan.
  • Batasi minuman saat makan
Untuk menjaga nafsu makan dan mencegah rasa kenyang, sebaiknya hindari minum terlalu banyak selama waktu makan. Air, jus, kopi, teh, atau jenis minuman lain, disarankan dinikmati setelah makan selesai.
  • Libatkan anak saat menyiapkan makanan
Ajak anak-anak berbelanja dan menyiapkan makanan yang akan disajikan. Orang tua akan memiliki kesempatan mengetahui jenis makanan yang disukai anak, sekaligus menjelaskan nutrisi yang baik, dan anak bisa memperoleh pengalaman lebih, serta lebih bersemangat dalam makan.
  • Konsultasikan dengan dokter
Jika gangguan nafsu makan berlarut-larut, konsultasikan kondisi tersebut dengan dokter. Kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc, diketahui dapat menurunkan nafsu makan dan Penelitian awal yang dilakukan pada hewan menyimpulkan, zinc kemungkinan dapat  meningkatkan nafsu makan pada kasus defisiensi zinc jangka pendek.

Jangan terburu-buru memberikan suplemen saat anak-anak tampak susah makan. Selalu konsultasikan pemberian suplemen dengan dokter atau ahli gizi.


sumber : www.alodokter.com
July 09, 2018

Mengatasi Sifat Pemalu dan Sulit Bergaul Pada Anak



Anak menjadi pemalu dan sulit bergaul pada usia tertentu, bukanlah bagian dari perkembangan anak, apabila anak tumbuh menjadi pribadi yang pemalu, sifat tersebut lebih sebagai hasil dari proses belajar dari lingkungannya. Maka dari itu bagi orangtua yang memiliki anak yang pemalu, disarankan jangan membiarkan anak menyatu dengan sifat tersebut. Sebaliknya, latih dan dorong anak untuk berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.

Banyak orangtua menganggap sepele dampak dari sifat pemalu pada anak, karena memang belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan kalau anak pemalu akan selalu mengalami kegagalan dalam prestasi baik di sekolah maupun pekerjaan nantinya. Namun biar bagaimanapun terkadang sifat pemalu bisa menyulitkan, terutama dalam proses pembelajaran, karena dengan anak susah berkomunikasi dengan orang lain, ini dapat berpengaruh pada performa mereka di sekolah, misalnya anak jadi takut bertanya pada guru saat menemukan kesulitan dalam pelajarannya.

Kemungkinan terburuk yang paling dikhawatirkan dari sifat pemalu pada anak ini adalah terbentuknya pola mengisolasi diri. Di mana hal ini, akan membuat mereka semakin menutup diri dari lingkungan luar. sehingga anak akan merasa lebih nyaman jika ia sendiri, tanpa memiliki teman. Akibatnya saat beranjak dewasa, bukan tidak mungkin dirinya tumbuh menjadi seseorang yang pemurung dan kesepian.

Untuk itu peran orangtua sangatlah penting dalam melatih anak yang pemalu, agar lebih fleksibel pada lingkungan di luar keluarga intinya. Para peneliti mengatakan, bahwa anak yang supel akan tumbuh menjadi seseorang yang sehat secara fisik dan emosional. Sebab, memang pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, yang saling membutuhkan satu sama lain. Jadi memiliki kemampuan kontak sosial yang baik, akan memberikan pengaruh positif pada setiap tingkat kehidupan anak, baik sekarang maupun di masa depan.

Langkah awal yang bisa dilakukan orangtua untuk mengatasi sifat pemalu pada anak yaitu bisa dilakukan saat sedang berbicara dengan anak, biasakan untuk selalu menggunakan kontak mata langsung. Secara tidak sadar, hal ini akan memperkuat rasa percaya diri anak. Adanya kontak mata saat menghadapi lawan bicara akan menimbulkan kepercayaan diri bagi seseorang. Namun, jika anak tidak nyaman saat melakukan kontak mata, ajarkan dia untuk bicara sambil menatap hidung lawan bicaranya. Dengan beberapa kali latihan seperti ini, lama-kelamaan rasa percaya dirinya akan meningkat dan teknik ini tak lagi dibutuhkan.

Anda juga bisa menggunakan metode “one on one” sebagai cara untuk membangun kepercayaan sosial. Ini adalah suatu metode dimana Anda mengundang seorang anak lain untuk bermain bersama anak Anda selama beberapa jam. Hal tersebut bertujuan agar mereka mengenal satu sama lain, dan melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kemampuan berteman. Mungkin dengan Anda mengundang teman Anda yang memiliki anak seusia dengan si kecil. Lalu, saat anak dari teman Anda berkunjung, sediakanlah camilan, buku, mainan, dan biarkan mereka berinteraksi secara alamiah. Disarankan untuk meminimalkan interupsi dari orang dewasa. Selain itu, sebaiknya jauhkan televisi dari anak dan temannya, saat bermain, jangan jadikan televise atau mainan gadget lainnya sebagai pilihan bermain bagi si anak.

Setelah metode “one on one” berhasil diterapkan, selanjutnya Anda bisa mengajak anak pada lingkungan bermain yang lebih ramai lagi dengan anak sebayanya, ini tentu akan melatih anak yang pemalu sedikit demi sedikit akan merasa lebih nyaman nantinya ketika bersosial dengan orang yang lebih banyak. Mungkin awalnya, ia akan merasa kikuk dan menolak untuk bergabung, jangan dipaksa, karena setiap paksaan akan membuatnya semakin menarik diri. Jadi, sebaiknya Anda membujuknya dengan lembut, sembari tetap bertahanlah di area bermain tersebut bersama anak, biarkan ia memperhatikan sekelilingnya. Anak yang pemalu perlu waktu untuk beradaptasi dengan lingkungannya, salah satu caranya dengan memerhatikan dan mempelajari lingkungan baru tersebut. Melihat serunya anak lain yang menikmati wahana permainan, akan menstimulasi emosional anak untuk ingin merasakan hal yang dirasakan anak lain. Kemungkinan, ia bakal turut bermain dengan anak lainnya sangat besar, asalkan Anda rajin melatih anak untuk melihat dan mencerna lingkungan sosialnya.

Selain dilatih bergaul dengan anak sebayanya, bisa juga dilatih bergaul dengan anak-anak yang lebih muda dari usianya. Cara ini juga direkomendasikan oleh para ahli untuk mengatasi rasa malu pada anak-anak, dengan mengelompokkan anak pemalu dengan anak-anak yang usianya lebih muda, secara tidak langsung ia akan memulai percakapan dan secara naluri akan membuat ia lebih percaya diri karena dia merasa lebih dewasa dan bisa melindungi adik-adiknya.

Dan perlu di ingat, sebaiknya sebagai orang tua jangan memberi label anak kita “pemalu”, memberi label pemalu pada anak bukan tindakan yang tepat, karena anak tidak pernah berpikir bahwa dirinya itu pemalu. Bila sering dikatakan pemalu, ia akhirnya yakin dirinya memang pemalu. Apalagi jika Anda mengatakan ia pemalu dengan penekanan atau sedikit gusar, dengan begitu Anda mengirim pesan yang dapat tertangkap oleh si anak bahwa ia anak “cacat”, padahal, anak merasa normal-normal saja, hal ini secara tidak langsung bisa berdampak buruk bagi psikologis si anak.


sumber : luvizhea.com
July 09, 2018

Cara menghilangkan noda tinta pada pakaian



Noda tinta pada pakaian sering kali tidak terelakkan. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari pulpen yang bocor di kantong baju hingga tercoret spidol akibat tangan jahil anak Anda. Jangan khawatir. Cara menghilangkan noda tinta di baju pada dasarnya cukup sederhana. Anda hanya membutuhkan pembersih noda tinta yang bagus, kesabaran, dan tips jitu. Berikut ini semua hal yang perlu Anda ketahui mengenai cara menghilangkan noda tinta pada baju.

Cara membersihkan noda tinta berbahan dasar air

Kebanyakan pulpen yang kita pakai sehari-hari menggunakan tinta berbahan dasar air sehinga lebih mudah dihilangkan jika mengenai pakaian. Bahkan, Anda mungkin tidak memerlukan cairan penghilang tinta khusus. Mencucinya saja dengan air hangat dan detergen sudah cukup. Sebaliknya, untuk noda yang lebih membandel, tangani noda terlebih dulu sebelum mencucinya dalam mesin cuci.
  1. Untuk noda tinta yang cukup tebal pada pakaian, gunakan kain mikrofiber untuk menyerap tinta yang masih basah keluar dari bahan pakaian. Jangan menyeka atau menggosoknya, cukup tepuk-tepuk perlahan hingga noda tintanya menipis.
  2. Jika area nodanya cukup luas, gunakan produk pembersih noda tinta berbahan dasar air untuk membantu prosesnya. Diamkan selama 10 menit atau ikuti aturan pakai pada kemasan produk. Tes terlebih dulu produk di area kecil.
  3. Pakai kain untuk menyerap noda keluar dari serat baju. Pada tahap ini, noda seharusnya sudah lebih mudah dihilangkan.
  4. Masukkan pakaian ke dalam mesin cuci tanpa mencampurnya dengan pakaian lain. Anda tidak perlu menggunakan air panas, cukup pakai air pada suhu normal seperti yang Anda gunakan untuk mencuci pakaian biasa.
  5. Pastikan noda tintanya telah benar-benar hilang sebelum mengeringkan pakaian. Kalau sisa-sisa noda masih tampak, ulangi langkah-langkah di atas. Mengeringkan pakaian sebelum nodanya hilang hanya akan membuat noda tersebut semakin melekat dan lebih sulit dihilangkan.

Cara membersihkan noda tinta permanen berbahan dasar minyak

Walau lebih sulit, menghilangkan noda tinta permanen bukan sesuatu yang mustahil. Tinta permanen dalam spidol atau pulpen terbuat dari bahan dasar minyak. Kita tahu bahwa minyak tidak bisa dilawan dengan air sehingga air bercampur detergen tidak akan efektif untuk menghilangkan noda tinta jenis ini. Anda memerlukan cairan penghilang tinta untuk menghancurkan kandungan minyak di dalam noda sehingga lebih mudah dihilangkan. Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Serap tinta yang masih basah keluar dari bahan pakaian menggunakan kain mikrofiber. Jangan pakai tisu karena serpihan serat-seratnya dapat tertinggal di pakaian Anda.
  2. Oleskan alkohol atau semprotkan hairspray langsung pada noda. Alkohol merupakan pembersih noda tinta yang ampuh karena mampu menghancurkan kandungan minyak di dalam tinta permanen. Pastikan sirkulasi udara di sekitar Anda lancar karena bau alkohol bisa jadi sangat menyengat.
  3. Pada saat alkohol atau hairspray masih basah, langsung masukkan pakaian ke dalam mesin cuci, lalu jalankan mesin cuci pada suhu normal dengan tambahan detergen yang biasa Anda pakai. Jangan mencucinya bersama dengan pakaian lain.
  4. Jika nodanya telah benar-benar hilang, keringkan pakaian secara alami. Jika sisa-sisa noda masih terlihat, ulangi langkah-langkah di atas.

Cara menghilangkan noda tinta di baju setelah kering

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa panas dapat membuat noda tinta semakin menempel kuat di serat pakaian dan lebih sulit dihilangkan. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa noda telah benar-benar hilang dari pakaian sebelum mengeringkannya.

Meski demikian, kalau Anda menemukan noda tinta yang telah kering atau Anda tanpa sengaja memasukkan pakaian yang bernoda ke dalam mesin pengering, Anda bisa memakai produk pengangkat noda yang tersedia di toko-toko. Baca aturan pakai pada kemasan produk dan tes terlebih dulu di area kecil. Setelah pemakaian produk, cuci kembali pakaian tersebut seperti biasa. Di sini, kesabaran Anda diuji karena proses ini mungkin perlu diulang beberapa kali sampai nodanya benar-benar hilang!

Kiat-kiat dasar penanganan noda tinta

  • Tangani noda tinta sesegera mungkin. Noda yang masih segar lebih mudah diatasi. Sebaliknya, noda tinta yang telah kering dan menempel kuat ke serat pakaian memerlukan produk pembersih noda tinta khusus dan lebih sulit dihilangkan.
  • Jangan gosok atau usap noda tinta. Alih-alih memudarkannya, menggosok justru akan membuat nodanya semakin meluas. Tepuk-tepuk secara perlahan untuk menyerap noda keluar dari bahan pakaian tanpa menyebabkan noda menyebar ke bagian lain.
  • Diamkan produk pembersih selama beberapa saat. Cairan penghilang tinta pada umumnya memerlukan waktu untuk bekerja secara efektif. Baca dan ikuti instruksi pemakaian produk.


sumber : www.cleanipedia.com
July 09, 2018

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Wajah Cantik dan Sehat

Selain untuk merawat rambut, minyak zaitun juga dikenal sebagai bahan alami untuk merawat wajah. Berbagai masalah padahal wajah bisa diatasi dengan minyak zaitun. Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakannya sebagai masker. Akan tetapi, beda masalah wajah beda pula bahan tambahan yang harus dicampurkan ke dalam minyak zaitun yang akan Anda gunakan.
Penasaran bagaimana cara memanfaatkan minyak zaitun untuk mengatasi berbagai masalah pada wajah? Bacaterus akan memberikan berbagai cara dan manfaat minyak zaitun untuk mengatasi masalah-masalah yang biasa terjadi pada wajah. Yuk, langsung saja kita simak informasi selengkapnya berikut ini!

Minyak Zaitun untuk Membersihkan Wajah

wajah kusam

Tak hanya kulit wajah yang bermasalah saja, minyak zaitun bisa dipakai juga untuk perawatan semua jenis kulit. Minyak zaitun bisa menjadi cleanser dan masker wajah alami. Bahkan, ini merupakan pelembab kulit wajah alami yang dapat menjaga kelembaban kulit serta membuat kulit nampak bersinar.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah adalah dengan mencampurkan minyak zaitun, bubuk cendana, kunyit, dan susu. Setelah semua bahan tercampur rata, oleskan masker ini pada seluruh bagian wajah dan diamkan selama 30 menit. Selanjutnya, bilas wajah dengan air hangat dan air mawar.

Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah Normal

Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah Normal Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Wajah

Kulit wajah yang normal bukan berarti tidak membutuhkan perawatan apapun. Anda dapat merawat kulit wajah normal agar tetap sehat dan segar sepanjang hari. Nah, untuk perawatan kulit wajah normal ini Anda dapat menggunakan minyak zaitun.

Pertama, buat masker wajah ini terlebih dahulu dengan mencampur sedikit minyak zaitun, jus mentimun, dan yogurt. Aplikasikan masker ini ke seluruh bagian wajah dan leher, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk. Lakukan perawatan untuk kulit wajah normal ini seminggu sekali.

Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah Berminyak

Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah Berminyak

Memiliki kulit wajah berminyak terkadang memang membuat kesal. Kosmetik jadi tidak bisa bertahan lama jika Anda memiliki wajah yang berminyak. Ternyata Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Bagaimana cara menggunakan masker minyak zaitun untuk wajah berminyak?

Campurkan setengah sendok makan minyak zaitun dengan garam, secangkir oatmeal, dan secangkir susu. Selanjutnya, aplikasikan masker ini ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Perpaduan oatmeal, garam, susu, dan minyak zaitun ini akan menyerap kadar minyak berlebih pada wajah secara efektif.

Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah Kering

Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah Kering

Sudah menjadi rahasia umum bila minyak zaitun diklaim sebagai pelembab alami yang sehat dan bebas efek samping. Selain dapat melembabkan rambut yang kering, minyak zaitun juga efektif untuk melembabkan kulit wajah.
Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah adalah campurkan kuning telur, minyak zaitun, dan tepung. Kemudian, aduk semua bahan ini hingga merata. Lanjutkan dengan mengoleskan masker ini ke wajah, lalu diamkan selama 20 menit. Setelah 20 menit, bersihkan sisa masker di wajah dengan air hangat. Sebaiknya lakukan treatment ini seminggu sekali untuk tetap menjaga kelembaban wajah.

Minyak Zaitun untuk Wajah Berjerawat

untuk jerawat

Tahukah Anda bahwa minyak zaitun juga efektif untuk mengatasi jerawat? Ya, jerawat yang mengganggu penampilan Anda ini bisa dihilangkan dengan masker minyak zaitun. Lantas, bahan apa sajakah yang dibutuhkan untuk membuat masker jerawat alami ini?

Tak perlu menambahkan bahan apapun, karena Anda dapat langsung mengoleskan minyak zaitun ke bagian wajah yang berjerawat. Biarkan minyak zaitun menempel pada wajah selama 15 menit dan jangan lupa untuk memberi pijatan ringan. Lakukan cara ini setiap hari, terutama sebelum tidur malam, agar jerawat di wajah bisa hilang seketika.

Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Noda Hitam Di Wajah

Menghilangkan noda hitam Manfaat Odol untuk Wajah

Noda hitam di wajah bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari terus menerus atau bekas jerawat. Anda memang bisa menyamarkan noda hitam di wajah dengan foundation dan concealer. Namun, apakah tidak lebih baik jika Anda menghilangkan noda hitam tersebut secara permanen?

Dengan minyak zaitun Anda bisa menghilangkan noda hitam di wajah tanpa efek samping. Cukup campurkan minyak zaitun dan madu, lalu oleskan di bagian wajah yang bernoda hitam. Diamkan 15 menit sembari diberi pijatan ringan, lalu bilas dengan air hangat tanpa perlu memakai sabun. Lakukan terapi ini sampai noda hitam di wajah hilang. Anda pun bisa mengganti madu dengan tea tree oil.

Minyak Zaitun untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Minyak Zaitun untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati yang menumpuk di wajah bisa diangkat melalui metode exfoliating atau pengelupasan. Namun, agar wajah Anda tetap cantik dan segar sebaiknya lakukan exfoliating secara alami.

Pertama, campurkan minyak zaitun dengan garam terlebih dahulu. Setelah itu, lanjutkan dengan mengusapkan masker alami ini seluruh bagian wajah.

Metode ini akan membantu Anda untuk dapat mengangkat sel kulit mati tanpa perlu repot menjalankan perawatan di klinik kecantikan. Tak hanya kulit kering saja yang terangkat, sel kulit mati pun turut terangkat dengan sempurna.

Minyak Zaitun untuk Mencerahkan Wajah

Minyak Zaitun untuk Mencerahkan Wajah

Siapa yang tidak mendambakan wajah dengan kulit yang cerah dan bercahaya? Anda bisa memperoleh wajah yang cerah dan bersinar dengan menggunakan masker minyak zaitun.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah yang lebih cerah adalah dengan mencampurkan minyak zaitun dengan gula pasir. Selanjutnya, oleskan masker dari minyak zaitun ini  ke seluruh bagian wajah dengan gerakan berputar seperti ketika Anda mencuci muka. Lakukan treatment ini selama 5 menit dan jangan lupa untuk memasker wajah sendiri saat berada di rumah.

Minyak Zaitun untuk Mengencangkan Wajah

Minyak Zaitun untuk Mengencangkan Wajah

Tak masalah jika Anda menginginkan kulit wajah yang kencang dan awet muda. Nah, usaha dan perawatan apa saja yang Anda coba untuk tampak lebih awet muda? Perpaduan antara minyak zaitun dan buah lemon nampaknya sangat cocok untuk membuat wajah terasa lebih kencang.

Untuk mengencangkan wajah dengan masker ini, cukup tambahkan air perasan lemon ke dalam minyak zaitun. Lalu setelah itu, bilas wajah dengan air bersih seperti biasanya.

Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Kutil

Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Kutil

Kutil bisa tumbuh di mana saja, termasuk pada bagian wajah. Jangan langsung memencet kutil tersebut jika Anda tidak ingin mengalami infeksi.

Cara menghilangkan kutil di wajah dengan minyak zaitun adalah mengoleskan kutil pada bagian wajah dan diamkan sampai esok pagi. Pengobatan kutil dengan minyak zaitun ini dirasa yang paling aman dan tidak menyebabkan infeksi.

Dari 10 fakta mengenai minyak zaitun ini, adakah masalah wajah yang sedang Anda alami saat ini? Jika ada, segera pilih treatment yang sesuai dengan permasalahan pada wajah. Pasalnya, cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah umumnya berbeda-beda sesuai dengan permasalahan wajah yang sedang diatasi.


sumber : bacaterus.com